Gaya pemain Swedia merayakan kemenangan atas Meksiko (reuters)

Tekuk Meksiko 0-3, Swedia Juara Grup F

RUSIA – Laga pamungkas di Grup F Piala Dunia 2018 antara Swedia versus Meksiko, Rabu (27/6/2018) malam WIB, berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Swedia. Hasil ini cukup membawa Swedia dan Meksiko lolos ke babak 16 besar, karena di pertandingan lainnya juara bertahan Jerman kalah mengejutkan 0-2 dari Korea Selatan.

Swedia yang membutuhkan kemenangan dalam laga yang digelar di Yekaterinburg ini langsung bermain menekan sejak menit awal.

Peluang didapat ketika pemain Meksiko Javier Hernandez terlihat menggunakan tangannya untuk mengendalikan bola. Swedia berharap mendapat hadiah penalti.

Namun usai melihat tayangan ulang VAR wasit asal Argentina, Nestor Pitana menyatakan bukan pelanggaran dan hanya memberikan tendangan sudut bagi Swedia.

Peluang lain juga diciptakan Swedia pada menit 2. Marcus Berg menyundul bola ke arah Andreas Granqvist, namun peluang itu tidak berbuah gol.

Selanjutnya kedua tim saling menyerang, namun rapatnya barisan pertahanan masing-masing tim membuat skor tetap bertahan 0-0 hingga turun minum.

Pada babak kedua, pertandingan berlangsung lebih menarik. Kedua tim kembali jual beli serangan.

Namun, Swedia tampil lebih menggigit dan berhasil membuka keunggulan pada menit 50 melalui sepakan bek kiri Ludwig Augustinsson. Gol berhasil ia ciptakan setelah memanfaatkan bola liar hasil tembakan Claesson yang malah melambung ke arah Augustinsson.

Skor untuk Swedia bertambah menjadi 2-0 setelah Andreas Granqvist sukses mengeksekusi penalti pada menit 62.

Belum selesai, Swedia kembali memperbesar keunggulannya atas Meksiko menjadi 3-0 setelah salah satu pemain belakang Meksiko, Edson Álvarez melakukan gol bunuh diri di menit ke-72.

Sementara itu, kejutan terjadi pada pertandingan lainnya. Juara Piala Dunia tahun lalu, Jerman, kalah 0-2 atas Korea Selatan.

Akibatnya, Jerman tidak hanya gagal lolos ke babak berikutnya, namun juga menjadi juru kunci di Grup F. Sementara, Korea Selatan naik ke posisi 3. Kedua tim ini sama-sama mengoleksi 3 poin tapi Der Panzer kalah selisih gol dari Macan Asia.

Adapun Swedia dan Meksiko masing-masing finis di peringkat 1 dan 2 Grup F. Keduanya sama-sama lolos ke babak 16 besar dengan mengemas 6 poin.

Swedia unggul selisih gol dan di babak 16 besar nanti akan bertemu dengan runner-up Grup E. Sementara Meksiko akan menantang juara grup tersebut yang masih akan diperebutkan oleh Brasil, Swiss dan Serbia. (ys)

 

 

 

Comments