Luis Suarez melihat gol masuk ke gawang kiper Rusia (reuters)

Tekuk Rusia 0-3, Uruguay Raih Nilai Sempurna

RUSIA – Uruguay memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 sebagai juara grup A setelah menang telak 3-0 atas Rusia pada laga pamungkas babak penyisihan Grup A di Samara Arena, Senin(25/6) malam WIB.

Dengan hasil itu, Uruguay lolos ke babak 16 besar dengan angka sempurna dari tiga laga meraih sembilan angka.

Luis Suarez dan kawan-kawan berhasil menyapu bersih kemenangan di babak penyisihan. Tampil kurang meyakinkan di awal-awal turnamen dengan kemenangan tipis 1-0 di dua laga pembuka, kontra Mesir dan Arab Saudi, tim besutan Oscar Tabarez itu setidaknya bisa menunjukkan kelasnya di Samara Arena lewat gol cepat Suarez di menit ke-10.

Dari skema tendangan bebas, Suarez sukses menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang yang gagal dijangkau Igor Akinfeev, sekaligus merubah kedudukan dengan skor 1-0.

Rusia mencoba membalas melalui Denis Cheryshev yang melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Tapi kiper Uruguay, Fernando Muslera dapat menggagalkan tendangan Cheryshev yang akan mencetak gol keempatnya di Piala Dunia kali ini.

Justru Uruguay yang mampu menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-23, lewat aksi bunuh diri Denis Cheryshev. Berawal dari tendangan bebas Uruguay, Artem Dzyuba menjauhkan bola dari gawang. Bola jatuh di kaki Diego Laxalt yang langsung melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Bola meluncur keras mengenai kaki Denis Cheryshev dan menembus jala Akinfeev.

Tidak ingin dipermaukan di depan publiknya sendiri, Rusia kian gencar menyerang. Namun Rusia jusru harus mengalami kerugian setelah wasit Malang Diedhiou dari Senegal memberikan kartu kuning kedua untuk Igor Smolnikov akibat melanggar Laxalt di menit ke-37.

Unggul jumlah pemain membuat Uruguay semakin leluasa untuk menjaga keunggulan. Usaha itu pun berhasil dengan menjaga skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Rusia langsung mengambil insiatif menyerang. Namun sejumlah usaha yang dilakukan anak-anak asuh Stanislav Cherchesov kerap berujung kebuntuan. Di sisi lan, Uruguay yang mulai mengendurkan serangan berhasil menambah keunggulan untuk menyudahi laga denganskor akhir 3-0,lewat aksi Edinson Cavani.

Bomber PSG ini mencatatkan nama di papan skor sekaligus menambah keunggulan menjadi 3-0 untuk Uruguay usai memanatkan bola rebound hasil tandukan Diego Godin yang gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Rusia.

Dengan hasil itu, Urguay menungu lawan yang akan mereka hadapi, yakni runer-up Grup B, antara Spanyol, Portugal, dan Iran. (junius/b)

Comments