Pemain-pemain Tunisia latihan ntuk menghadapi Belgia (reuters)

Tunisia Mungkin Saja Taklukkan Belgia

RUSIA – Setelah Rusia, Uruguay, Prancis, dan Kroasia, kini saatnya Tim ‘Setan Merah’ Belgia yang bertekad menyusul mereka ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Belgia diperkirakan bakal mudah mengatasi Si ‘Elang Kartago’ Tunisia dalam lanjutan fase Grup G di Otkrytiye Arena, Sabtu (23/6) pukul 19:00 WIB. Bermodalkan kemenangan 3-0 atas tim debutan Panama, Romelu Lukaku dan kolega akan kembali membuktikan bahwa mereka layak untuk melenggang.

Dihuni oleh sejumlah pemain bintang dengan karakter menyerang, Belgia jelas lebih diunggulkan dari Tunisia yang belum terlihat garang.

Kekalahan 1-2 dari Timnas Inggris pada laga perdana, adalah bukti belum adanya tanda-tanda yang menjanjikan dari Tunisia untuk membuat kejutan. Ditambah dengan sejarah lima kali keikutsertaan mereka yang tidak pernah mampu menembus fase pertama di Piala Dunia, semakin menambah keraguan akan mampunya Elang Kartago ‘mencabik’ Setan Merah
pada laga nanti. “Kami harus memenangkan laga ini untuk bisa lebih bersantai sebelum melawan Inggris,” kata Lukaku seperti disitat Daily Mail.

Namun sepakbola bukanlah matematika atau ilmu pasti, layaknya ‘raksasa yang tidak bisa dikalahkan kurcaci’. Ya, hanya keberanian dan semangat juang yang tinggi sebagai modal Tunisia untuk mematahkan berbagai prediksi.



SEMANGAT TINGGI

Hal itu diakui pelatih Belgia, Roberto Martinez. “Tunisia adalah tim dengan keberanian besar dan memiliki semangat yang tinggi seperti yang mereka perlihatkan di laga perdana (melawan Inggris). Mereka dinamis, para pemainnya punya rasa pengertian yang bagus dan membawa energi serta intensitas ketika melakukan serangan balik. Ini yang harus kami
waspadai,” aku Martinez, seperti dikutip laman resmi FIFA.

Di sisi lain, ini juga akan menjadi laga ‘hidup-mati’ bagi tim besutan Nabil Maâloul yang sudah pasti ogah mengibarkan ‘bendera putih’ demi mengamankan peluang ke fase selanjutnya. Tanpa angka, Tunisia berada di urutan dua terbawah Grup G, bersama Panama. Sedangkan Belagiamemimpin Grup G dengan tiga angka, bersama Inggris.

Dengan kata lain, Tunisia sudah dipastikan angkat kaki jika kalah dari Belgia pada laga nanti. “Ini akan menjadi laga yang penting terhadap keberadaan kami di turnamen kali ini. Saya pikir tidak ada cara lain selain memenangankan laga ini,” tandas Maâloul yang menolak hanya membidik hasil imbang. (junius/bu)

Comments